Luas Pantai Prigi adalah ±5 ha dan panjang ± 2 km. Pantai ini terletak di desa Tasikmadu, kecamatan Watulimo, atau sekitar 69 Km arah selatan Kota Trenggalek. Jalan untuk mencapai Pantai Prigi sebagian besar sudah beraspal hatmix dengan kondisi baik dan sebagian sedang. Pencapaian dari kota Trenggalek dan Tulungagung melalui kecamatan Durenan Trenggalek dari Bandung Tulungagung dengan jarak ±30 km. Jarak dari Bandung ke goa Lowo ± 8km. Setelah sampai pada km 8 masuk goa Lowo, dari badan jalan menuju lokasi masuk sekitar 200 meter.
Jenis transportasi (sepeda motor, mobil dan bus dapat mencapai lokasi, MPU jenis colt/ bison tersedia mulai dari simpang tiga Durenan dari terminal kota Trenggalek menggunakan mini bus kecil jurusan Trenggalek -Durenan – Bandung – Watulimo turun di desa Watuagung dengan waktu pelayanan transportasi dari pukul 06.00 s.d 17.00 WIB. Selain menjadi obyek wisata yang sering dikunjungi di Trenggalek, Pantai Prigi juga merupakan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan Pelabuhan Nusantara terbesar di pantai selatan Jawa lho bos.

Saat kamu berkunjung ke Pantai Prigi bisa menikmati waktu dengan berenang/ bermain air, berkemah dan olahraga, permainan anak-anak, interaksi dengan nelayan, belanja ikan segar, memancing, tenis atau hanya tinggal di beberapa hotel dekat pantai. Pantai Prigi akan menjadi lebih ramai bila ada upacara labuh laut/ Larung Sembonyo, yang merupakan upacara tahunan sebagai bentuk ucap syukur kepada Tuhan akan hasil laut yang melimpah.
 Upacara ini biasa dilaksanakan setiap hari Minggu pasaran Pon bulan Selo penanggalan Jawa. Selain sebagai upacara ucap syukur, penduduk disini juga percaya bahwa ritual Larung Sembonyo diadakan sebagai bentuk peringatan pernikahan dalam sejarah Raden Tumenggung Yudha Negara.
 Raden Tumenggung Yudha Negara adalah seorang kepala prajurit Kerajaan Mataram yang berhasil membuka wilayah Prigi dengan jaminan bersedia menikahi Putri Gambar Inten.
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :