Pantai Karanggongso berlokasi ±3 km sebelah timur Pantai Prigi, tepatnya terletak di desa Tasikmadu kecamatan Watulimo ±52 km arah selatan kota Trenggalek. Luas Pantai Karanggongso sekitar 4 ha dan panjang 1 km. Gelombang di Pantai Karanggongso relatif tenang, sehingga sangat cocok untuk berenang dan mandi. Kamujuga dapat berinteraksi dengan nelayan pada event labuh laut/ Sembonyo yang dilakasanakan setiap bulan Suro penanggalan Jawa.
Jalan menuju Pantai Karanggongso beraspal dengan kondisi baik dan untuk mencapai pantai lokasi pantai kamu dapat melalui kota Trenggalek dan Tulungagung. Bila kamu dari Tulungagung bisa melalui Bandung, kabupaten Tulungagung selanjutnya dari Bandung menempuh jarak ±18 km menuju kecamatan Watulimo.
Bila kamu dari kota Trenggalek bisa melalui terminal dengan menggunakan minibus kode XL jurusan Trenggalek – Durenan – Bandung – Watulimo dan dilanjutkan dengan moda kendaraan umum lokal (colt dan ojek). Dari simpang tiga pantai Prigi lurus sejauh 3 km dengan kondisi jalan relative baik, dengan moda transportasi sepeda motor, mobil, bus dapat mencapai ke lokasi.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Karanggongso yakni Cottage, hotel dan perahu sewa, termasuk Prigi hotel dan sebuah hotel milik koperasi Pemerintah Daerah, serta beberapa restoran kecil dan warung yang menyajikan aneka makanan dan minuman nusantara. Sepanjang Pantai Karanggongso tumbuh pohon-pohon yang rimbun yang menambah udara dingin di pantai pada siang hari.
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :