Pantai Taman Kili-Kili berada di sebelah timur Pantai Pelang yang dipisahkan oleh perbukitan dengan bebatuan karang yang cukup terjal. Pantai ini tepatnya terletak di Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul, berjarak 54 km dari kota Trenggalek. Pantai Taman kili-kili memiliki hamparan pasir di sepanjang tepinya dan akan tampak indah kalau dinikmati disaat Sunrise atau Sunset.
Akses jalan ke Pantai Taman Kili-Kili bisa melewati sebelah Timur Dusun Bendogolor yang bisa dicapai mengunakan mobil pribadi diteruskan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang dikelilingi oleh persawahan, pertambakan serta perkebunan kelapa menuju Taman Kili-Kili.

Selain dari panorama yang sangat indah, Pantai Taman Kili-Kili memiliki obyek wisata lainnya berupa konservasi pembudidayaan Penyu yang dikelola oleh Kegiatan Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) yang bertujuan untuk mengawal induk penyu yang selesai bertelur, memindahkan telur-telur penyu ke lokasi konservasi, menampung dan memelihara Tukik (Anak Penyu) yang baru menetas dan yang terakhir Melepas Tukik (Anak Penyu).

Balapan Penyu
Dari 7 jenis spesies penyu yang dikenal selama ini, di Pantai Taman Kili-Kili memiliki 4 jenis penyu. Diantaranya penyu hijau atau dikenal dengan nama green turtle (Chelonia mydas), penyu sisik atau dikenal dengan nama Hawksbill turtle (Eretmochelys imbricata), Penyu Abu-Abu/Lekang (Lepidochelys olivachea) dan penyu belimbing atau dikenal dengan nama Leatherback turtle (Dermochelys olivacea).
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :