Bacabup Trenggalek Emil Dardak Ikuti Penjaringan PDIP
Trenggalek - Suami artis Arumi Bachsin, Emil Dardak akhirnya mengikuti proses penjaringan calon bupati Trenggalek yang digelar DPD PDIP Jawa Timur di Surabaya, Minggu (3/5), bersaing dengan dua bacabup lain Sri Rahayu dan Mochammad Nur Arifin.

"Iya, ada tiga calon yang akhirnya menjalani 'fit and proper test' (uji kepatutan dan kelayakan) di DPD PDIP Jatim," ungkap Wakil Ketua Bidang Politik Hukum dan Keamanan DPD PDIP Jatim, Hamzah Abdillah saat dikonfirmasi Antara melalui telepon, Selasa.

Kepastian keikutsertaan Emil disampaikan Hamzah menanggapi rumor yang menyebut surat keputusan DPP PDIP terkait calon bupati Trenggalek, jatuh ke tangan suami artis Arumi Bachsin tersebut.

Ia menjelaskan, proses penjaringan sampai saat ini masih berlangsung, dan belum satupun bakal calon bupati yang diputuskan menerima SK dari DPP PDIP.

"Dialektika politiknya memang berkembang. DPP (PDIP) tentu telah menurunkan tim survei untuk mengukur elektabilitas masing-masing calon sehingga itu menjadi pertimbangan untuk melakukan penjaringan baru di tingkat DPD maupun dewan pengurus pusat," terangnya.

Bagaimanapun, masuknya nama Emil Dardak dalam bursa pencalonan Bupati Trenggalek melalui partai berlambang kepala banteng moncong putih itu menepis klaim sebagian kader PDIP Trenggalek, bahwa rekomendasi telah dipegang oleh pasangan cabup-cawabup Kholiq-Sri Rahayu.

Dua calon dari PKB dan PDIP tersebut pada akhir April bahkan telah melakukan deklarasi bersama yang menyatakan kesepakatan antara keduanya untuk maju berpasangan dalam bursa Pilkada Trenggalek.

Saat itu, deklarasi pencalonan yang kemudian dibantah sebagai kegiatan silaturahmi politik biasa, diikuti oleh 200-an kader partai pendukung, yakni PKB, PDIP, Nasdem, PKPI, dan sebagian pengurus organisasi sayap Partai Golkar Trenggalek.

Belakangan, menurut sumber internal PDIP dan PKB, deklarasi dukungan terhadap pasangan Kholiq-Sri Rahayu memantik kemarahan pengurus pusat kedua parpol, karena belum ada satupun rekomendasi turun dari DPP PKB maupun PDIP.

"Kemarin itu memang hanya acara silaturahmi politik biasa. Rekomendasi belum ada yang turun dan semua kandidat memiliki peluang yang sama untuk lolos," ujar Hamzah.

Selain pasangan Kholiq-Sri Rahayu, nama lain yang beredar akan maju dalam bursa Pilkada Trenggalek adalah putra mantan Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak, Emil Dardak.

Nama terakhir yang juga suami artis Arumi Bachsin ini melejit, setelah Koalisi Merah Putih di Kabupaten Trenggalek, sepakat untuk mengusung cendekiawan muda ahli tata kota ini sebagai calon bupati tandingan, melawan pejabat kini, Wabup Kholiq.(*)


Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :