Setiap kota atau kabupaten seringkali memiliki satu objek wisata yang juga sangat bersejarah, yang menjadi saksi dan tanda dari hari jadi kabupaten tersebut. Begitu pula yang ada di Kabupaten Trenggalek,Provinsi Jawa Timur. Di sini, anda dapat melihat secara langsung sebuah prasasti bernama Prasasti Kamulan, yang merupakan tonggak sejarah berdirinya Kabupaten Trenggalek ini. 
 Prasasti Kamulan ini berada di Desa Kamulan, wilayah Kecamatan Durenan, Trenggalek. Prasasti ini dibuat dan dikeluarkan pada mas pemerintahan Raja Sarwewara Trikramawataranindita Srngga Lancana, yang selama ini juga dikenal dengan sebutan Raja Kertajaya, pada tahun 1194 Masehi, atau 1116 Caka. Melalui prasasti ini disebutkan bahwa hari jadi dari Kabupaten Trenggalek sendiri tepatnya pada hari Rabu Kliwon, tanggal 31 Agustus 1194. 

Hingga saat ini, prasasti Kamulan masih terjaga dengan sangat baik. Berada di bawah sebuah pendopo besar yang dibuat untuk melindungi sekaligus memamerkannya kepada para pengunjung wisata sejarah.  Areal sekitar pendopo di mana prasasti ini ditempatkan pun bisa dikatakan cukup teduh dan asri, sehingga dapat memberikan kenyamanan kepada para wisatawan yang berkunjung ke sana. Dengan mengunjungi objek sejarah seperti prasasti Kamulan ini, anda pun dapat lebih mengetahui asal-usul sebuah daerah sekaligus turut melestarikannya.
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :