Trenggalek - Partai Amanat Nasional terus merekrut selebritas sebagai calon kepala daerah. Setelah mengusung artis Hengki Kurniawan sebagai calon Bupati Kediri, partai tersebut mencalonkan suami Arumi Bachsin, Emil Dardak, sebagai calon Bupati Trenggalek periode 2015-2020.

Ketua Dewan Pengurus Cabang PAN Kabupaten Trenggalek Ahmad Jauzi Turseno mengatakan partainya sudah membangun kesepakatan dengan Emil Dardak. Bahkan pencalonan ini juga didukung Partai Demokrat yang, menurut dia, sudah melakukan kesepakatan politik. "Ini kesepakatan koalisi partai," kata Jauzi, Senin, 13 April 2015.

Ada dua pertimbangan yang menjadi dasar kedua partai itu mengusung Emil Dardak sebagai calon Bupati Trenggalek. Selain merupakan putra Hermanto Dardak, Wakil Menteri Pekerjaan Umum era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Emil lahir di Trenggalek. Menurut Jauzi, putra daerah akan berkomitmen membangun daerahnya karena memiliki ikatan emosional.

Jauzi meyakini pencalonan Emil Dardak akan berjalan mulus. Dia mengatakan dua partai yang tergabung dalam Fraksi Trenggalek Makmur, yakni Partai Hati Nurani Rakyat dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia, juga dikabarkan telah menyetujui pencalonan itu. Dengan jumlah kursi sebanyak 12 di badan legislatif Trenggalek, fraksi tersebut berhak mengusung calon bupati sendiri sebagaimana diatur dalam peraturan pemerintah tentang pilkada.

Ketua DPC Partai Demokrat Trenggalek Lamuji membenarkan adanya rencana pencalonan Emil Dardak. Bahkan dia mengatakan partainya mempersilakan Emil memilih sendiri calon wakil bupati yang akan menjadi pasangannya. "Kita juga bebaskan beliau menjalin komunikasi dengan partai lain," katanya.

Pilkada Trenggalek, yang akan digelar pada Desember 2015, juga akan diikuti calon dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa. Kandidat yang diusung PDIP adalah Sri Rahayu, istri Ketua DPD PDIP Jawa Timur Sirmaji. Sedangkan PKB mengusung Kholiq, yang kini menjabat Wakil Bupati Trenggalek.

Sementara itu, aktor Hengki Kurniawan telah dipastikan maju sebagai calon kepala daerah. Artis sinetron kelahiran Blitar ini diusung PAN dalam pemilihan Bupati Kediri periode 2015-2020. Dia akan bersaing dengan Bupati Kediri inkumben, yakni Haryanto Sutrisno
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :