Candi Brongkah adalah salah satu peninggalan sejarah yang terdapat di kabupaten Trenggalek. Candi ini terletak  dan ditemukan di Dusun Brongkah, Desa Kedung Lurah, Kecamatan Pogolan,Trenggalek. Karena itulah candi ini dinamakan Candi Brongkah. Jika anda akan berkunjung dari pertigaan arah Pantai Prigi anda berjalan lurus saja, sekitar satu kilometer kemudian anda akan menemukan papan penunjuk menuju Candi Brongkah. Selanjutnya anda masih perlu berjalan kembali kearah utara  sejauh 300 meter dan menemukan perkampungan tempat lokasi Candi Brongkah berada.
Candi ini awalnya ditemukan oleh seorang laki-laki berrnama Pak So’im yang sampai saat ini juga merupakan juru kunci yang merawat dan memelihara candi. Awalnya , Pak Soim menemukan beberapa arca di candi ini. Walaupun beliau tidak tahu jelas nama arca tersebut, namun beliau menggambarkan kalau arca tersebut menggambarkan sosok wanita. Selain itu ada juga arca yang menyerupai sapi (nandi) serta lempengan yang bertuliskan huruf kuno. Namun, barang -  barang tersebut sekarang berada di Museum Trowulan.

Kalau kita berkunjung dan ingin melihat candi ini, kita hanya akan menemukan pondasi (bangunan dasar) candi saja yang dilindungi oleh atap seng dan ditopang oleh beberapa kayu bercat hijau serta dipagar keliling. Kurangnya promosi dari pemerintah sekitar dan akses jalan yang masih berupa tanah untuk menuju candi ini menjadikan candi ini  tidak cukup terkenal sebagai tujuan wisata walaupun sebenarnya candi ini memilki nilai sejarah yang patut dijaga dan dilestarikan.
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :