Goa Lowo atau Goa Kelelawar terletak di desa Watuagung Kecamatan Watulimo, 30 km arah selatan kota Trenggalek, searah rute ke Pantai Prigi, Pantai Karangggongso, dan Pantai Damas. Tidak sulit untuk menuju lokasi goa ini, karena jalanan yang dilalui relatif bagus dan aman, meski harus lewat di antara hutan jati. Goa Lowo memiliki lebar 50 M dan tinggi sekitar 20-50 M, dan dihiasi dengan dinding yang terbentuk secara alami dan unik.
Luas kawasan ± 20 ha terdiri dari kawasan luar Goa Lowo berupa lahan parkir, badan jalan menuju goa, sarana fasilitas pendukung (Warung makan dan kios, rest area playground, mushola, toilet), utilitas dan hutan jati. Kawasan dalam Goa Lowo terdiri dari jembatan pengunjung, lampu penerangan, rest area, stalaktit dan stalagmit beraneka bentuk yang indah dan menakjubkan dan terdiri dari 9 ruang yang tinggi dan luas. Goa Lowo berada pada ketinggian sekitar 200 meter dari permukaan laut (dpl) dengan struktur lokasi tanah berbatu kapur dan marmer.

 Kegiatan utama di obyek wisata Goa Lowo adalah menikmati panorama stalaktit dan stalagmit di sepanjang 850 meter lorong goa atau 9 ruang utama goa yang didukung panggung hiburan secara berkala berupa band, campursari dan lainnya.
 Menurut ahli goa dari Prancis (Mr. Gilbert Manthovani dan Mr. Robert Kingstone Kho pada penelitiannya tahun 1985) menyatakan bahwa Goa Lowo sebagai goa terluas, terpanjang dan terindah di Asia Tenggara.
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :