Trenggalek - Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur mengklaim potensi tambang emas di wilayahnya bervolume besar dan tersebar merata di 12 dari total 14 kecamatan yang ada di daerah tersebut. Beberapa kecamatan yang diklaim memiliki potensi kandungan mineral emas yang bervolume besar diantaranya Kecamatan Dongko, Pule, Kampak dan Bendungan.

Bupati Trenggalek Mulyadi Wr di Trenggalek mengatakan berdasarkan hasil dari penelitian awal menunjukkan potensi tambang emas di Trenggalek cukup besar dan tersebar di hampir semua kecamatan. Akan tetapi sejauh ini pihaknya belum bisa membuat estimasi volume secara definitif, karena kegiatan eksplorasi dan penelitian sampai saat ini masih terus dilakukan.
Pada saat ini eksplorasi dilakukan oleh kontraktor tambang multinasional yaitu Arc Exploration Ltd melalui perusahaan tambang nasional PT Sumber Mineral Nusantara (SMN) yang juga menggarap tambang emas di Nusa Tenggara dan sejumlah wilayah lain di Indonesia.
Dalam laporannya pihak Arc Exploration Ltd membeberkan hasil penelitian yang mereka lakukan di Trenggalek, dimana keberadaan kandungan emas di tiga titik galian eksplorasi sedalam 910 meter ditemukan secara masif di daerah Suruh, Timahan, dan Kojan.
Dari pihak manajemen Arc sendiri menyatakan bahwa dua lubang yang digali di Suruh menunjukkan kandungan emas 0,55 g/t pada titik simpang 4 meter di kedalaman 65 meter, serta 0,18 g/t pada titik simpang 16,8 meter pada kedalaman 77 meter. Kandungan yang lebih rendah dibuktikan di lubang ketiga yang digali di Timahan.
Eksplorasi di lubang tersebut menunjukkan kandungan emas 0,15 g/t pada titik simpang 5,3 meter di kedalaman 55,8 meter, serta 0,18 g/t pada titik simpang 6,5 meter pada kedalaman 77 meter. Kandungan tertinggi ditemukan di lubang keempat yang digali di Kojan.
Kandungan emasnya 11,28 g/t dan perak 293 g/t pada titik simpang 1,9 meter di kedalaman 50 meter, serta emas 1,39 g/t dan perak 40 g/t pada titik simpang 1,1 meter di kedalaman 104,2 meter.
Sementara itu Managing Director Arc Exploration John Carlile mengungkapkan berdasarkan hasil penggalian yang dilakukan oleh pihaknya ini telah mengonfirmasi keberadaan emas di Suruh, Timahan, dan Kojan. Langkah berikutnya yang akan diambil adalah melakukan penggalian lebih lanjut guna menemukan emas berkadar konsentrasi tinggi.
Selain itu John menambahkan jika penggalian lebih lanjut itu juga akan dilakukan pada dataran tinggi Suruh, Timahan, dan Kojan serta titik gali lain yang sudah diidentifikasi. Pekerjaan tersebut akan menjadi fokus dari Arc dalam bulan-bulan ke depan di daerah Trenggalek.

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :